Powered By Blogger

Jumat, 28 Oktober 2011

Hindari Makanan Ini Usai Minum Obat

Ketika tengah mengkonsumsi obat-obatan, tentunya ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari. Bila masih nekat, maka percuma saja mengkonsumsi obat. Itu obat akan kehilangan khasiatnya atau malah lebih buruknya justru meracuni.

Mau tahu jenis makanan apa saja yang dihindari kala minum obat? Simak penjelasannya di 
bawah ini:

1. Jus buah
Jika minum obat dengan maksud mengobati irama jantung yang abnormal, antidepresan, antithistamin (obat alergi), statin, dan obat anti kejang, jangan sekali-kali minum jus grapefruit. Begitu pun dengan jus cranberry dan jus delima yang bikin memperlambat fungsi hati untuk memecah pengencer darah obat dan pada obat antidepresan bisa menyebabkan penurunan efektifitas obat.

2. Susu
Susu bersifat penetral karena kemampuannya mengikat tetrasiklik dan minosiklik dari antibiotic. Alhasil, dua zat itu membuatnya tidak larut dalam usus kalau digabung dengan mineral sehingga tidak bisa terserap tubuh. Minum 500 mililiter susu bisa menurunkan efektivitas obat hingga 80 persen. Di samping itu, kalsium dalam susu mengganggu penyerapan obat osteoporosis. Langkah amannya, tunda minum susu sampai dua jam sesudah minum obat.

3. Makanan fermentasi
Kandungan makanan ini kaya akan tyramine yang akan bereaksi dengan obat antidepresan dengan cara memblokade enzim yang berfungsi mencerna senyawa. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah tinggi yang berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar