Powered By Blogger

Jumat, 20 Mei 2011

Cara Praktis Usir Noda dari Pakaian

Noda, bercak, oli, jelaga, apapun jenisnya pada pakaian dapat hilang jika Bunda melakukan tindakan cepat sebelum ia berubah menjadi cacat permanen pada busana Anda. Hampir semua jenis pakaian, kecuali kulit dan sutra, Bunda bisa menghilangkan aneka noda ini dengan cepat melalui beberapa trik berikut: 

1. Deteksi terlebih dulu noda apa yang ada pada pakaian. Apakah itu noda jus, roti sandwich, kopi, tinta atau mungkin permen karet? Ini perlu dilakukan karena tiap noda memerlukan penanganan yang berbeda agar dapat dihilangkan dengan sempurna. 

2. Untuk noda oli, hilangkan lebih dulu noda padat menggunakan pisau roti. Letakkan pakaian yang terkena noda pada tisu kertas warna putih. Tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring di bagian bawah noda untuk melepaskan noda oli itu. Tunggu selama satu hingga dua menit. Ulangi dengan deterjen kemudian cuci dengan air panas. 

3. Noda jus, anggur, kopi, saus tomat serta minuman ringan, lakukan pembersihan dengan menyiramkan air dingin pada noda itu. Kemudian taburkan garam sehingga ia bisa menghisap noda yang sudah dibasahi tadi. Tunggu selama satu menit, kemudian usapkan dengan cairan soda kemudian cuci seperti biasa. 

4. Menghilangkan bekas permen karet bisa dilakukan dengan menggosokkan noda itu dengan es. Pendinginan dengan es membuat sisa permen karet menjadi mengeras. Setelah itu kikiskan dengan pisau tumpul lalu cuci seperti biasa. 

5. Noda tinta bisa dihilangkan dengan meregangkan pakaian yang terkena noda di atas stoples atau gelas. Tuangkan alkohol sedikit demi sedikit di atas noda itu, Anda bisa melihat tinta akan menetes ke dalam gelas atau stoples. Setelah noda hilang, bilas dan cuci baju tersebut.

6. Untuk noda lainnya, bilas dan hilangkan noda tersebut menggunakan penghilang noda dan cuci seperti biasa. Tapi jika pakaian  Bunda terkena noda cat kuku, bersihkan terlebih dulu dengan acetone atau cairan pembersih cat kuku sebelum dicuci seperti biasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar