Powered By Blogger

Rabu, 18 Mei 2011

Yuk, Bikin Pupuk dari Cangkang Telur

Serba Serbi Artikel... : Bikin Pupuk dari Cangkang Telur
     Kulit telur atau cangkang telur ternyata bisa digunakan sebagai pupuk bagi tanaman. Seiring berjalannya waktu tanaman akan menghisap nutrisi dari tanah dan hal tersebut bisa diantisipasi dengan menambahkan pupuk.
    Salah satu solusi mudah dan murah adalah memberikan pupuk dari telur. Selain mudah didapatkan limbah cangkang telur itu tentu lebih berguna ketimbang dibuang ke tempat sampah bukan? Berikut cara membuat pupuk dari kulit telur.
   Masukkan kulit telur yang sudah tak terpakai dalam kontainer kosong di tempat yang mudah kering. Sista bisa menggunakan oven agar lebih cepat. Saat cangkang terlihat kering dan rapuh, tumbuk kulit telur itu hingga halus. Bubuk dari cangkang ini bisa langsung digunakan pada tanaman di kebun atau pot.
  Untuk membuat pupuk cair, didihkan 20 cangkang telur dan biarkan selama delapan hingga 10 jam. Tuangkan cairan hasil rebusan cangkang itu ke dalam botol pemyemprot. Pupuk semprot cangkang telur dapat langsung digunakan.
  Selain dua cara tadi, ada cara lain untuk membuat pupuk cangkang telur. Kumpulkan cangkang yang sudah tak terpakai dalam wadah berisi air lalu tutup wadah tersebut rapat-rapat. Biarkan selama satu bulan. Sista bisa menambahkan cangkang telur hingga wadahnya penuh. Tapi saat telur pertama sudah disimpan selama empat pekan, pupuk ini sudah siap digunakan. Campurkan pupuk cair ini dengan rasio satu cangkir berbanding 3 liter air, dan gunakan untuk menyiram tanaman.
   Perhatikan kalau metode ketiga ini akan menimbulkan bau yang tak sedap. Sehingga hati-hati saat membuat pupuk cair dari cangkang telur menggunakan metode penyimpanan seperti ini. Perhatikan tempat penyimpanan, agar air cangkang itu tak tumpah atau tidak tertutup rapat setelah digunakan.  Selamat mencoba!

1 komentar: