Powered By Blogger

Jumat, 20 Mei 2011

Makanan Sehat Sesuai Usia


Seiring bertambahnya usia, stamina kita tidak lagi sekuat ketika kita berusia remaja atau 20-an. Kita pun harus sudah mulai memilih makanan yang tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan. Seperti dikutip dari Health, berikut jenis makanan yang harus diprioritaskan ketika kita di usia 30 dan 40-an tahun.
Usia 30-an tahun
Pada usia ini biasanya kita sudah mulai fokus pada pekerjaan dan juga harus menyeimbangkan kerja serta mengurus anak yang masih balita, masih aktif menjaga kebugaran dan bergaul dengan banyak teman. Makanan yang baik bagi kita adalah yang banyak mengandung besi, folic acid dan kalsium. Kita perlu 18 mg besi setiap hari untuk menghindari anemia dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Makanan yang disarankan:
1. Sereal komplit yang mengandung 100% besi dan folic acid dalam satu mangkung yang dimakan.
2. Daging sapi dengan sedikit lemak dan kacang-kacangan juga kaya akan zat besi. Sedangkan folic acid bisa didapat dari jeruk, asparagus, sayuran hijau.
3. Susu rendah lemak, keju, yogurt akan memberikan kalsium yang cukup.
Usia 40-an tahun
Pekerjaan, anak, orang tua meminta perhatian yang lebih dari kita. Pada usia ini aktivitas jalan juga mulai berkurang namun kita tetap harus menjaga berat badan yang seimbang.
Makanan yang baik adalah yang mengandung fiber (serat), kalium, kalsium, kaya nutrisi dan makanan rendah kalori. Di usia ini untuk wanita kerja metabolisme juga sudah mulai melambat, tingkat kolesterol dan tekanan darah bisa tiba-tiba tinggi karena menjelang menopause (berhentinya haid) dan munculnya risiko sakit jantung dan diabetes tipe 2.
Untuk itu kita butuh serat sedikitnya 25 mg per hari dan makanan yang kaya potasium sekitar 4.700 mg per hari, buah-buahan dan sayur-sayuran. Pasokan kalsium juga masih penting dengan tetap mengkonsumsi 1.000 mg per hari.
Makanan yang disarankan:
1. Perbanyak makanan dari gandum, beras merah, roti gandum, jagung atau havermut.
2. Konsumsi sedikitnya 2,5 cangkir jus seperi pisang, strawberi.

3. Mulai kurangi sodium dengan konsumsi paling banyak hanya 2.300 mg per hari untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Jagalah tulang tetap kuat dengan konsumsi brokoli, atau minuman dari kedelai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar