Powered By Blogger

Minggu, 22 Mei 2011

Inilah Fungsi Lain dari Lemon

Lemon atau jeruk sitrun rupanya tak hanya berfungsi sebagai buah yang kaya vitamin C. Sitrun dapat digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga
. Menurut Karyn Siegel-Maier, pengarang The Naturally Clean Home, kandungan asam dalam lemon mampu menghilangkan noda serta karat pada berbagai pekakas. Mau tahu apa lagi kegunaan lemon atau sitrun ini? Berikut beberapa fungsi lain dari lemon seperti yang kami kutip dari Real Simple.

1. Membersihkan meja
Peraslah potongan sitrun dalam baking soda untuk membersihkan kotoran di meja. Seka dengan spons basah lalu keringkan. Ingat Bunda jangan gunakan metode ini pada batu.halus seperti marmer, atau stainless steel karena justru akan menghitamkan permukaannya.

2. Membersihkan talenan
Untuk mengangkat sisa makanan yang membandel pada talenan dari kayu atau plastik, potonglah lemon menjadi dua bagian, kemudian peras di atas perkakas yang ingin dibersihkan. Gosokkan noda membandel itu dan tunggu selama 20 menit sebelum dibilas.

3. Piring
Untuk memperkuat kemampuan sabun cuci, Bunda bisa menambahkan satu sendok teh perasan sitrun.

4. Keran air
Deposit kapur yang terjadi pada keran air dapat dihilangkan dengan menggosokkan jus lemon pada keran dan biarkan selama semalam. Keesokannya lap dengan kain basah.

5. Sampah yang bau
Agar sampah Anda tak berbau busuk, potonglah lemon menjadi dua bagian dan peraslah di atas tumpukan sampah.

6. Bau amis
Saat Bunda mengolah ikan, otomatis tangan Anda akan berbau amis. Gosokkan tangan Anda dengan jus lemon, cara ini akan menetralisir bau amis yang mengganggu.

7. Noda pada kontainer plastik
Untuk menghilangkan noda seperti sup tomat atau karena makanan yang mengandung asam lainnya, Bunda bisa menggosokan lemon pada noda yang ada. Biarkan mengering di bawah sinar matahari kemudian cuci seperti biasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar